Kamis, 03 Maret 2011

Tips Mencegah Pikun

MENCEGAH PIKUN


Orang tua yang pikun terkadang membuat kita gemas. Kita bertanya apa, ia menjawab lain. Suka lupa dan sulit melakukan kontak dengan benar. Tentu saja kita tidak mau menjadi orang tua yang pikun di usia tua kita bukan?

Nah,,,berikut ini adalah beberapa cara yang harus kita lakukan untuk menghindari penyakit pikun yang biasanya menghampiri manusia di usia tuanya.

  1. Banyak-banyaklah membaca. Membaca melatih otak kita untuk terus bekerja dan berpikir serta mendapatkan hal-hal yang baru setiap kali kita membaca. Bacaan bagaikan oli motor yang melumasi otak kita agar bekerja dengan baik. Banyak membaca juga mencegah penyakit suka lupa.
      
  2. Mewarnai bukan hanya milik anak TK. Kita bisa mengambil waktu untuk mewarnai beberapa gambar karena warna akan membantu mengasah otak kita. Atau menyulam kain dengan berbagai warna yang cerah.

  3. Berolahraga dengan teratur juga akan melemaskan semua otot-otot kita dan mencegah terjadinya 'karatan' pada urat-urat saraf kita. Terlebih dengan urat-urat syaraf yang berhubungan dengan otak.

  4. Mengisi TTS, bermain ular tangga, bermain catur, atau bermain tebak-tebakan itu juga penting untuk mengasah otak kita supaya terus bekerja sebagaimana mestinya. Otak yang tidak diasah bagaikan mesin yang dibiarkan bertahun-tahun dan akhirnya sebagian dari alat-alat dalam mesin tersebut menjadi karatan dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

  5. Menyanyi, bermain musik, mendengarkan musik, juga baik untuk mencegah penyakit pikun.


Nah,,,kita tidak mau pikun di usia tua kan? Coba saja tips diatas, siapa tahu bisa membantu anda untuk tetap segar dalam berfikir hingga di usia tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar