Selasa, 15 Maret 2011

Tips Sukses Interview...

Sukses Menghadapi
Interview/Wawancara Kerja


Tidak peduli berapapun usia anda dan seberapa hebat pengetahuan anda, bagi banyak orang interview atau wawancara kerja merupakan suatu pengalaman yang menakutkan!

Berikut beberapa tips untuk membantu anda menghadapi interview:
  1. Persiapan, persiapan, persiapan!
    Sehari sebelum interview, persiapkan:
    1. Dokumen yang sekiranya dibutuhkan dalam proses interview (ijasah, transkrip, sertifikat, KTP, resume, curriculum vitae, dll).
    2. Pengetahuan tentang perusahaan yang anda lamar, carilah informasi di Website perusahaan atau dari rekan anda yang sudah bekerja disana mengenai visi-misi perusahaan. Ragam pekerjaan yang sekiranya harus anda lakukan, jam kerja, lokasi perusahaan, tes kompetensi yang diperlukan, dll.
  2. Hadir tepat waktu
    Semua perusahaan jelas menginginkan karyawan yang disiplin dan tepat waktu, karena itu datang terlambat adalah kesalahan yang fatal dalam proses interview! Sebaliknya anda datang paling lambat 20 menit sebelum jadwal, sehingga anda mempunyai waktu untuk mempersiapkan diri dan mental anda. Apabila anda berhalangan, jangan lupa menelepon dan memberikan kabar.
  3. Periksalah kebersihan dan kerapihan diri anda
    Ketika anda memasuki ruang wawancara, si pewawancara akan memperhatikan keseluruhan penampilan anda yang menentukan kesan pertama tentang anda! Bau badan, nafas tidak sedap, kuku yang kotor tidak terawat, noda di baju, cabe merah terselip di gigi jelas menimbulkan kesan yang kurang baik. Sebelum memasuki ruangan wawancara, pergilah ke kamar mandi untuk merapikan diri.
  4. Kenakan busana yang sesuai
    Tidak ada jawaban mutlak mengenai busana yang harus anda kenakan saat interview. Tapi usia dan pengalaman anda serta posisi pekerjaan yang anda lamar harus ditunjukkan melalui pakaian yang anda kenakan. Celana jeans dan kaus bergaya sporty jelas tidak sesuai dikenakan oleh orang yang melamar sebagai pegawai teller bank, namun dapat sesuai bagi yang melamar sebagai pegawai toko pakaian olahraga.
  5. Berikan kesan yang baik saat masuk ke ruang wawancara dengan:
    1. Mengetuk pintu sebelum masuk
    2. Mengucapkan salam “Selamat Pagi/Siang, Pak/Bu
    3. Menjabat tangan si pewawancara dengan hangat dan tentunya dengan menatap matanya (kontak mata)
  6. Berikan jawaban dengan jelas dan percaya diri
    Pewawancara akan terkesan dengan sikap positif dan jawaban yang meyakinkan terhadap pertanyaan sukar. Jangan menjawab pertanyaan dengan sikap tertunduk, bergumam, dan asal-asalan; namun dengan suara yang jelas, tegas dan percaya diri
  7. Akhiri interview dengan elegan
    Akhir sebuah interview tidak kalah penting dengan kesan pertama. Jangan merusak kesan baik yang terbangun dengan sikap acuh tak acuh.
    1. Kembalikan kursi pada tempatnya
    2. Ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan
    3. Saat hendak berpamitan, sekali lagi, jabatlah tangan si pewawancara dengan hangat dan kontak mata.

Semoga Sukses....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar