Jumat, 25 Maret 2011

TIPS OK BUAT EMAK2 hehehe

TIPS OK



KEPITING GEMUK DAN GURIH
Kalau kita membeli kepiting hidup di pasar jangan buru-buru dimasak. Ada caranya untuk membuatnya menjadi gemuk dan gurih terlebih dahulu sebelum kita olah. Caranya sebagai berikut, masukkan beberapa kepiting yang masih terikat ke dalam baskom atau ember. Sementara itu parutlah 1/4 butir kelapa. beri air secukupnya pada parutan tadi dan aduk hingga terlihat cukup kental, setelah itu air campuran kelapa parut dimasukkan ke dalam ember yang berisi kepiting tadi. Karena saking laparnya kepiting akan memakan dan minum air campuran kelapa parut yang dimasukkan. Biarkan keadaan ini selama 1/2 atau 1 hari dan setelah itu kepiting dapat kita olah sesuai selera kita. Dijamin kepiting akan semakin gemuk dan tambah gurih.


MENGHILANGKAN PAHIT PARE
Sebelum dimasak, pare dibersihkan dari isinya kemudian diiris-iris. Uleni irisan pare itu dengan garam kuning (sekarang dilarang gak ya?). Cuci dengan air sampai bersih. Saat akan dimasak beri kembali garam kuning sebanyak 1 sendok teh.


MENGHILANGKAN BAU MINYAK GORENG
Apabila saat kita memasak atau menggoreng sesuatu kadang-kadang tanpa dapat terhindarkan baju yang kita pakai terkena cipratan minyak goreng. Meski sekarang banyak detergen yang ampuh menghilangkan aneka noda tapi tidak ada salahnya jika hal ini kita lakukan untuk mengurangi kemungkinan baju menjadi berbekas noda. Begitu terkena minyak maka segera saja bagian yang terkena minyak kita taburi dengan bedak atau talk kemudian cuci segera maka seketika noda minyak akan hilang tanpa berbekas.


MENJERNIHKAN JELANTAH
Minyak goreng yang sudah kerap dipakai dapat dijernihkan dengan arang kayu. Ambil arang kayu lalu tumbuk sampai halus. Masukkan gerusan arang kayu itu pada minyak jelantah. Ukuran pemakaian, 2 kepal arang kayu untuk satu kilogram minyak jelantah. Aduk sampai rata , tunggu sampai 5 menit lalu saring dengan kain bersih. Cara ini menjadi alternatif terakhir bila memang sudah bener-bener bokek tak ada uang. Ya harap maklum karena sekarang semua kebutuhan pokok tidak ada yang murah.


MENGHILANGKAN NODA MINYAK PADA KERTAS
angat wajar apabila kita sedang belajar memasak dengan petunjuk buku resep, tanpa sengaja majalah atau buku resep masakan terciprat minyak goreng. Hal yang sama bisa terjadi pula saat kita lagi belajar atau baca novel. Gak afdol rasanya kalau tanpa camilan atau gorengan. Tangan yang habis nyomot gorengan trus tanpa sadar saking asyiknya buat buka halaman buku. Yang jadi masalah kalau buku atau majalah yang kena minyak itu boleh minjam. Kan nggak enak sama yang punya kalau pas kita mengembalikan sudah kotor kena noda minyak. Kalau kamu punya pengalaman seperti itu cara mengatasinya sederhana. Begitu buku atau kertas terkena percikan minyak, segera ambil garam dapur secukupnya lalu gosok-gosokkan pada bagian yang terkena minyak setelah itu jemur pada panas matahari maka noda minyak akan hilang. Selamat mencoba mudah-mudahan tips ini bisa membantu.


CARA MENYIMPAN JERUK NIPIS
Bila kamu membeli jeruk nipis dalam jumlah banyak tidak masalah jka di rumahmu sudah memiliki lemari pendingin alias kulkas. Tapi jika di rumah kamu belum ada kulkas, jangan khawatir karena ada cara menyimpan yang mudah biar tidak mudah kering ataupun busuk. Ambil rantang yang agak besar atau panci yang sudah jarang dipakai. Isi dengan pasir kali yang sudah dicuci bersih. Rendam atau timbun jeruk nipis dalam pasir tadi seperti penyu bertelur. Dengan cara ni maka dijamin telur eh jeruk akan awet, kalo kita butuh tinggal ambil satu atau dua lalu cuci bersih untuk mengilangkan debu pasir yang menempel.


MENGAMBIL KERAK NASI DENGAN MUDAH
Walaupun jaman sekarang banyak yang memasak memakai peralatan listrik seperti majic jar atau rice cooker tapi ketel konvensional tetap akan selalu dipakai apalagi listrik sekarang yang kadang tidak menentu kapan hidup dan matinya. Setelah selesai menanak nasi dan nasi diangkat, Letakkan ketel pada lantai tanah yang sebelumnya telah disiram dengan air,biarkan beberapa saat. Dengan cara ini kerak nasi/intip dapat diangkat dari ketel dalam keadaan utuh.


AGAR MINYAK GORENG TIDAK MUNCRAT
Bila menggoreng ikan misalnya, agar minyak goreng yang panas tidak muncrat dapat diatasi dengan memasukkan satu irisan jeruk nipis pada minyak yang sudah mendidih tersebut, baru setelah itu ikannya dimasukkan. Dijamin minyak tidak akan muncrat.


MENGHILANGKAN BAU MINYAK TANAH
Walau sekarang pemerintah mengeluarkan kebijakan mengganti bahan bakar minyak tanah dengan gas tetapi tidak serta merta minyak tanah akan kehilangan penggemarnya karena berbagai kemudahan yang diperoleh jika memakai minyak tanah dibanding memakai gas. Berikut adalah cara menghilangkan bau minyak tanah. INGAT!!! Yang akan kita hilangkan hanya baunya saja karena walaupun dibutuhkan tetapi segala upaya akan kita lakukan untuk menghilangkan baunya, iya kan. Bau minyak tanah di telapak tangan susah hilang walaupun sudah berkali-kali dicuci dengan sabun. Ad cara mudah mengatasinya. Keringkan dulu tangan yang terkena minyak tanah dengan menggunakan lap atau kertas tissue, setelah itu olesi atau lumuri tangan dengan minyak goreng secukupnya, biarkan selama 5 menit setelah itu baru dicuci dengan sabun. maka bau minyak tanah akan hilang.


MENJERNIHKAN KALDU
Agar kaldu dari rebusan daging tetap jernih, maka sebelum daging dimasukkan ke dalam air, rebus air tersebut sampai mendidih. Baru setelah mendidih daging dimasukkan. Dengan cara ini air rebusan daging (kaldu) akan tetap jernih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar