Jumat, 18 Februari 2011

Tips Hemat.....

Tips Mengatur Uang

Uang pasti merupakan salah satu masalah yang sering membuat kepala kita puyeng alias pisiiiing. Sepertinya semua serba kurang untuk membeli ini dan itu. Tapi kali ini mari kita belajar cara menggunakan uang kita dengan sebaik-baiknya. Berikut ini ada beberapa tips yang patut kita perhatikan dalam mengatur keuangan kita.

  1. Sebelum membeli sesuatu, pikirkan terlebih dahulu, apakah barang tersebut benar-benar kita butuhkan. Jika memang barang tersebut bukan kebutuhan yang mendadak atau sangat diperlukan, ada baiknya urungkan dulu niat belanja itu. Simpan uang tersebut untuk membeli sesuatu yang lebih penting.
  2. Untuk memulai rencana penghematan, kita harus membuat catatan seberapa banyak uang yang perlu kita keluarkan untuk kebutuhan dalam minggu atau bulan ini (sesuai jatah belanja kita), dan seberapa yang harus kita sisakan untuk ditabung (dikit juga gak apa-apa, yang penting bisa menabung) barangkali ada keperluan yang mendadak misalnya tiba-tiba jatuh sakit dll.
  3. Sebelum beli apa-apa, buat daftar belanjaan terlebih dahulu. Pilihlah barang dengan harga miring, jadi uang sisanya bisa dipakai untuk keperluan lainnya. Jangan terpengaruh dengan barang mahal atau jangan makan gengsi atau merek. Jaman sekarang ini banyak barang murang jg juga tidak kalah mutunya kok.
  4. Jangan tergiur dengan embel-embel barang diskon, yang tadinya tidak mau beli, ehhh malah jadi beli. Godaan barang diskon membuat sistem hemat kita makin kacau. Awassss jangan tergoda!
  5. Siapkan celengan. Tabunglah uang receh setiap hari atau setiap ada uang receng yang ngganggur alias tidak terpakai. Suatu saat sangat diperlukan lho.

Semoga tips di atas bisa membuat kita menjadi orang-orang yang pintar berhemat dan tidak boros.

GBU......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar